Friday 10 June 2022

Perjalanan Menyusuri Pantai Selatan Yogyakarta

(09.12.15) Perjalanan Govesvisata kali ini akan multi-hari, bahkan satu hari. Ya, dalam posting blog terbaru, kami merasa lebih nyaman dengan perjalanan multi-hari karena itu membuat kami merasa lebih nyaman dengan waktu perjalanan yang lebih lama dan lebih fleksibel serta tidak ada batasan waktu, dan kami merasa lebih bebas untuk menjelajahi keunikan wilayah. Ini adalah satu-satunya yang kami kunjungi.

Kali ini tujuan Govesvisata adalah menyusuri pantai selatan Yogyakarta. Untuk pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Depok, untuk sementara kami akan melewatkan tiga pantai tersebut karena mereka sudah terlalu populer dan telah dibahas di banyak blog lain (lebih baik jika kami menampilkan pantai lain di selatan Yogyakarta yang terlalu mahal dan tidak ramai) . Sehingga pengunjung memiliki alternatif destinasi lain nantinya saat berkunjung ke Yogyakarta).

Malam sebelumnya kami menyiapkan perlengkapan untuk long day trip ini dan sekali lagi mengecek apakah masih ada perlengkapan yang tersisa jadi kami berangkat pada hari Sabtu (15/12/09) dari base camp Govesvisat sekitar pukul 6:00:30 WIB, selatan, rencananya kami akan berkendara melalui Jalan Bantula, rutenya cukup mudah, ikuti jalan lurus ke selatan, lalu ikuti rambu-rambu menuju lokasi pantai-pantai tersebut.

Dengan sedikit melanggar aturan Bantul, menarik bahwa ada jalur pemisah yang cukup lebar antara transportasi bermotor dan tidak bermotor, sehingga akan sangat nyaman untuk berkendara di daerah tersebut jika setiap kota memiliki alat pemisah seperti itu. :)

Setelah Jalan Bantul, kami hanya perlu mengikuti rambu Pantai Goa Semara agar rambu-rambu jalan cukup jelas agar tidak tersesat. Semakin dekat ke pantai, suasana semakin berubah, ditandai dengan hembusan angin yang relatif kencang, khas angin pantai, dan akhirnya kami sampai di pintu tol untuk area fasilitas pantai.

Tiket kantor pajak sudah termasuk tiket ke semua pantai lokal, termasuk Goa Semara, Pantai Kuwara, Pantai Baru, Pantai Pandansima dan Pantai Samas (pilih saja pantai mana yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu). ).

Pak Wahadi yang memasarkan wisata pantai ini juga menawarkan bantuan kepada kami, jika kami membutuhkan tempat tinggal atau menginap di resor pantai, hubungi dia (kekayaan ilahi dan pemandangan yang menakjubkan, hehe ...)

Alhasil, kami memutuskan untuk mengunjungi pantai Goa Semara dan tegalan terlebih dahulu dari gerbang terdekat.

Seperti namanya, pantai ini memiliki banyak pohon cemara karena berdiri berdampingan dan puncaknya membentuk lengkungan yang mirip dengan terowongan (atau Goa). Ada juga banyak tenda yang bisa disewakan untuk pengunjung, atau mungkin beberapa pengunjung akan membawa sendiri jika ingin bermalam atau berkemah di pantai ini.

Fasilitas lain di Pantai Goa Semara termasuk tempat parkir mobil yang luas, perkemahan, ruang pertemuan, mushola, penyewaan sepeda quad (pemandu juga tersedia), jangan khawatir tentang makanan dan berenang karena ada banyak kios. dan toilet umum, artinya jika Anda berencana untuk berkemah atau melakukan aktivitas satu arah di pantai ini, kondisinya sangat aman. Yang harus Anda lakukan adalah meminta izin dari manajer :)

Setelah kami menemukan tempat yang strategis untuk memarkir sepeda kami, saatnya bersiap-siap untuk bermain di perairan sekitar pantai (ya karena ombak di pantai selatan Jawa sudah terkenal dengan ombaknya yang besar, mereka pecinta pantai. Dilarang berenang di sini, jaga keselamatan mereka)

Kita naik sepeda tapi kalau ke pantai tetap harus trendi hehe... :D

Puas dengan perjalanan kami dari pantai Goa Semara, kami melanjutkan perjalanan ke pantai berikutnya - pantai Baru Kuwara. Kondisi jalan menuju pantai terdekat cukup mulus dan suasananya juga cukup tenang dibandingkan dengan sarana transportasi lainnya karena sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mengetahui pantai Parangtritis ketika mereka melakukan wisata pantai. .

Alangkah baiknya jika jalan beraspal sama di semua area.

Ada banyak lubang udang di kiri dan kanan jalan.

Dan kami mendekati pantai berikutnya, Pantai Kuvaru Bar.

Seperti Pantai Samara di Goa, Pantai Baru Kuwara juga memiliki ombak yang tidak bisa dimasuki oleh pengunjung. Ada banyak perahu nelayan kecil yang digunakan untuk memancing di sepanjang pantai, serta banyak kios makanan laut di area tempat pengunjung mengumpulkan dan membeli ikan atau makanan laut lainnya langsung dari hasil tangkapan. Menjaga nelayan lebih segar dan lebih murah (dan membantu ekonomi lokal)

Segarkan diri sejenak dari hiruk pikuk kota.

Kami melanjutkan perjalanan dari pantai Baru Kuwara ke pantai berikutnya, sepanjang perjalanan kami melihat banyak kincir angin yang digunakan atau bekerja sebagai pembangkit listrik tenaga angin dan surya.

Dengan lingkungan alam Indonesia, negara tropis di mana matahari bersinar setiap hari, dan banyak pantai bahagia tersebar di mana-mana, tenaga angin secara alami harus digunakan sebagai sumber energi alternatif yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan listrik bersih. Energi.

Tentunya jika ini (teknologi angin dan surya) diterapkan secara merata di seluruh nusantara, rekan-rekan kita dan penduduk pulau lainnya juga akan merasakan efek positif di masa depan, yang juga harus meningkatkan perekonomian. dan kemakmuran.

Ada juga akses ke pantai lain di sebelah Pantai Kuwara seperti Pantai Baru dan Pantai Pandansima, tetapi karena karakteristik pantai yang hampir sama, kami memutuskan untuk melewati (inilah perbedaan antara pantai timur). dan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, walaupun secara umum semua pantai tersebut masih berada di pesisir selatan yang sama, namun setiap pantai Gunung Kidul memiliki karakteristik yang berbeda dan sangat berbeda dari setiap pantainya. jarak antar pantai)

Setelah pantai Pandansim, Baru, Kuwara dan Goa Semara, tujuan selanjutnya adalah mercusuar di Pantai Samas.

Mercusuar ini tingginya sekitar 40 meter, untuk naik ke atas kita perlu menaiki satu anak tangga menuju lantai 8 dan untuk mendapatkan tiket naik ke puncak mercusuar ini kita harus berjalan kaki sejauh lima kilometer. rupiah untuk seorang pria

Awalnya saya berpikir, hmm... Saya pikir akan menyenangkan untuk naik ke puncak mercusuar, dan kemudian memotret area pantai dari atas.

Tapi di lantai 8, situasi tiba-tiba (transisi dari putaran ke langkah yang benar-benar vertikal) membuat seseorang takut ketinggian, panik, ya ampun ... Ayo, Anda bisa chin up

Akhirnya dengan banyak adu jotos (baik yang dikawal maupun dikawal), akhirnya kami sampai di puncak mercusuar. Angin di sini sangat kencang, tetapi pemandangan pantai dan daerah sekitarnya sangat indah.

Udang laut di sekitar tambak (lihat bukitnya seperti apa di gambar? Setelah itu, kita terus menuruni bukit, ada apa?)

Saya ingin tahu bagaimana selanjutnya setelah perjalanan beberapa hari ke Govesvisat ini? Nantikan postingan selanjutnya :)

Ulasan:
Bagi yang ingin berkunjung ke Pantai Goa Semara atau yang ingin melihat dan belajar tentang camping, rekreasi alam bebas, konservasi penyu, perjumpaan dan lainnya, silahkan hubungi: