Wednesday 25 May 2022

ADA APA SAJA SIH DI SOROGEDUG? (dan sekitarnya)

Minggu, 31 Oktober 2021

Halo sobat Goweswisata, nah postingan ini sebenarnya adalah hasil dari petualangan Goweswisata sebelumnya ketika sedang mencari lokasi Goa Goweswisata (yang saya tidak dapat temukan, karena saya tidak tahu mengapa pena di googlemaps ternyata tidak akurat).


Nah, ini dia rencana cerita petualangan hari ini, duduklah cucuku, pernahkah kamu berenang? Wah lucu ya, Simba akan cerita nih, hehe... Oke bike lovers, pernahkah kamu punya momen di siang hari yang ingin naik sepeda (terutama di akhir pekan)? akhir), tetapi Anda tidak tahu harus pergi ke mana? Ke mana kamu mau pergi? Apa pun itu, apakah Anda hanya ingin mengendarai mobil, mengayuh sepeda untuk menjelajahi tempat yang tidak Anda kenal, atau kembali ke masa lalu? Saya yakin Anda mengerti (kekuatan), ini yang saya rasakan hari ini, Minggu pagi dengan sejarah, tidak sedih (katakanlah Koes Plus), tidak terlalu cerah, mendung tetapi tidak mendung, saya ingin pergi, tetapi saya ingin tidak tahu dimana? .


Karena biasanya di akhir pekan seperti ini semua tempat wisata ramai dikunjungi, baik itu pengunjung, saudara dari pembantu yang tersenyum karena berpikir, wah, banyak yang harus dilakukan, backpacker dan shopaholic dengan rakus menawarkan orang lain dan anak-anak yang baru saja lewat. pergi dengan wajah pasrah (ini orang tuanya, mau dibawa kemana, pikirnya), serta para pemuda, bapak ibu yang datang, memperhatikan, selain melihat dan menikmati pemandangan dan pengunjung lain yang jelas (mungkin mereka akan menemukan pasangan di perjalanan).


Nah masalahnya kriteria tempat wisata yang paling saya suka malah sebaliknya, dimana saya lebih suka mencari atau mengunjungi tempat-tempat yang tidak terlalu ramai, tidak banyak orang, tempatnya asri, aman, gratis, untung ada kios kerja. dan kalau bisa jangan pake adegan panjat, hehe... 😁 dan berdasarkan kriteria tersebut akhirnya saya mencoba ke timur menuju sorogedug tepatnya. Mengapa? Karena ketika saya mencari di Goa untuk Song Less, saya melihat bangunan terbengkalai dari zaman kolonial, dan ketika saya menemukan (tidak ada tempe, tidak ada bakwan), bangunan tersebut ternyata merupakan bagian dari kompleks rumah dinas pegawai Sorogedug Pabrik Tembakau. Bangunan pabrik masih bertahan dan tampaknya masih berfungsi, hanya bangunan layanan untuk staf yang sekarang ditinggalkan, terbengkalai, rusak dan ditumbuhi semak belukar dan rumput liar yang cukup lebat di sekelilingnya.



Menurut pengalaman saya, tempat-tempat seperti ini biasanya dimaksudkan untuk menghindari tujuan utama Goweser, jadi saya yakin tempat ini sepi, harusnya juga ada cerita sejarah seperti yang saya jelaskan di atas, dan kebetulan saya belum pernah ke Sorogedug bukan. wilayah. mengendarai sepeda. Coba tebak apa yang terjadi di Sorogedug dan sekitarnya? Atau kali ini sesuatu selain petualangan?


Dari base camp Goweswisata saya mengambil jalur Block O yang saya sukai seperti biasa karena tidak begitu banyak mobil dibandingkan dengan jalur Jogja Solo atau Jalan Jalan Jogja-Piyungan, sekarang wisatawan di sini sangat sedikit. Tempat-tempat yang bisa anda kunjungi seperti Pasar Bantengan (disini anda bisa menjaga perut agar tidak lapar), kemudian ada tempat Goa Seluman (sebelah Pasar Bantengan, pemandian umum pada masa Kerajaan Mataram dan juga sebagai tempat Warungboto), lalu utara adalah makam Patih Danurejan, lebih ke timur ke Berbach, ada di candi Klodangan yang tersembunyi di sawah, kemudian di pertigaan di depan pabrik Untuk Rokok, Anda bisa pergi ke selatan ke Wat Kapalu dan Watu Exotico, tetapi jika lebih ke timur melewati pabrik rokok bisa menuju Wisata Bumi Wangi Karangwetan atau lebih jauh ke Lava Bantal dan Embung Kalitirto, tidak jauh dari situ juga ada kunjungan bersejarah ke Gua Sentono, Kuil des Abang dan Gua Jepang yang mana tidak jauh satu sama lain.


Setelah melewati blok lava dan tugu Bhinneka Tunggal Ik, serta beberapa jalur belokan, saya melihat sepertinya ada desa wisata baru lagi, yaitu desa wisata Pengklik, tetapi karena tujuan kali ini (di mana saya baru saja berpikir) adalah Sorogedug, saya melanjutkan perjalanan sampai saya menemukan persimpangan gedung TK dan SD Canisius, kemudian saya berbelok ke kanan ke Sorogedug sampai saya berada di depan gedung pabrik tembakau Sorogedug di Sorogedug, Nogosari, Madurejo, kabupaten Prambanan . , tiba. Kabupaten Sleman, Provinsi D. Yogyakarta.



Rupanya penjaga pabrik sedang sarapan di posnya, saya pun berjalan melewati gedung pabrik dan setelah mendayung rumah dari bekas kantornya, mencari tempat yang aman untuk sepeda, saya juga mencoba mendokumentasikan suasana saya sendiri. lokasi rumah dinas yang paling mudah dijangkau dan tidak terlalu ditumbuhi. Dengan gaya arsitektur kolonial yang sesuai dengan iklim dan budaya setempat, bangunan ini cukup asik jika dirawat, memiliki teras depan, kemudian lounge, lounge dengan dua kamar tidur di samping, dan kemudian ini, utilitas. ruangan khusus untuk ruang makan dan dapur. , kemudian ada ruangan lain (mungkin kamar tidur), kamar mandi yang terletak di luar di belakang dengan ruangan lain di luar (mungkin digunakan sebagai toilet), dan beberapa kamar mandi kecil yang terletak di sebelah toilet.







Sayangnya, entah mengapa gedung-gedung tersebut sudah tidak digunakan lagi atau sedang dipugar dan digunakan atau disewakan, semua deretan rumah dinas ini kondisinya hampir sama bobrok, sebagian atapnya juga miring dan bocor sehingga memungkinkan air hujan masuk. di. dan banjir. . di rumah, yang selanjutnya mempercepat kehancuran bangunan ini. Terlihat juga beberapa tetangga menggunakan bagian depan teras untuk menyimpan sawah dan kayu bakar mereka.


Sesaat setelah berkeliling dan mengamati kondisi rumah dinas ini, saya melanjutkan perjalanan hingga terjebak di pertigaan lalu berbelok ke kiri (karena jika ke kanan, saya seharusnya mencari posisi Gua Songkurang). belok kiri lalu belok kanan melewati penduduk desa sampai akhirnya jalan ini saya ikuti tempat yang sama ketika saya tersesat mencari goa Songkurang setidaknya saya tahu dari mana jalan ini mengarah dari saya terus mencoba saya berjalan menyusuri jalan yang belum pernah dia jalani sebelumnya, yang mengamati suasana sekitar, melewati makam Savo dan melihat di pertigaan tanda ke Bukit Teletubbies.




Saya belum pernah ke Bukit Teletubbies, seperti yang sudah Anda ketahui dengan nama kondisi trek yang berbukit, tapi coba ikuti rambu-rambunya, mungkin ada tempat menarik lainnya yang tiba-tiba Anda temui di sepanjang jalan.


Rambu jalan Bukit Teletubbies membawa saya ke barisan orang yang sedang menggiling padi, tidak hanya di satu tempat, tapi hampir di sepanjang jalan setapak, dipenuhi penduduk setempat yang menyiksa, berhamburan dan mengikat tanaman mereka. Saat saya melewati, saya mencari tanda-tanda Bukit. Next Teletubbies, kenapa rambu yang ada sekarang diubah menjadi rambu Obelix Hills? Ternyata dua tempat yang berbeda, bahkan dari kejauhan saya dapat menemukan bukit Obelix karena tepat di atas bukit di depan saya adalah tempat yang penuh warna atau ramai yang disebut bukit Obelix yang memiliki akses ke bukit Obelix itu. itu sendiri terorganisir dengan baik, di bawah bukit ada depot bus besar di mana wisatawan dapat mentransfer ke antar-jemput. Bus seperti elf menuju ke tempat Obelix Hills, karena jika melihat kemiringan dan lebar j, maka bus besar pasti tidak akan bisa sampai ke tempat itu.




Nyatanya pemandangan pendakian sebenarnya membuat saya sedikit malas karena seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tolak ukur tempat yang saya suka "kalau bisa" tidak menggunakan adegan pendakian, hehe. Sebenarnya ada tanda-tanda sebelum mendaki ke beberapa tempat lain seperti Air Terjun Penyu Watu (sebenarnya saya baru mendengar ada Air Terjun Penyu Vatu, sepertinya itu berarti Kurug Jurang Gandul Ganda) karena ketika saya memeriksa google maps ada air terjun musiman di sini tetapi namanya Kurug Kembar Jurang Gandul, lalu ada situs Langgen dan terakhir ada Mbelik Pereng.



Jika saya melihat nama-nama tempat, saya bisa menebak seperti apa tempat ini, Belik dan air terjun harus menjadi satu atau setidaknya tempat ini adalah satu area, maka situs sejarah Langgen harus memiliki suasana yang kurang lebih mirip dengan tempat-tempat di mana situs sejarah lain dapat ditemukan jika Anda harus memilih. Tentu saja, saya lebih suka alam yang lebih detail (dan menghindari gradien), jadi saya hanya mencoba melihat seperti apa Air Terjun Penyu Watu dan ternyata dugaan saya benar bahwa Air Terjun Penyu Vatu sebenarnya adalah Air Terjun Jurang Gandul Ganda. Namun menurut warga sekitar, kondisi air terjunnya buruk karena aliran airnya berasal dari pengungsian, karena musim hujan belum mencapai puncaknya, namun konon bila ingin melihat air terjun dari atas, bisa. bisa juga, karena akses dari bawah masih sulit, karena itu tidak bisa dilakukan dengan bantuan bisa dengan sepeda atau bisa juga jalan kaki.


Mendengar kata-kata “kalau mau lihat air terjun dari atas bisa boeta” membuat saya mual, karena harus Hakul, jalurnya saya harus naik tanjakan, yang saya tahu sejauh mungkin, hindari dari awal, dan ternyata rutenya" nanti di Masa, lewati lereng ini lalu ikuti jalan yang belok kanan lalu ke kiri, lalu di sebelah kanan ada satu Art Park dan Angkringan, nah dari situ dia bisa air terjun lihat, hirup, ayo, itu pasti berarti saya harus naik ke atas.



Menggunakan kombinasi Ngicik dan Dorong Gowes, akhirnya saya sampai di taman yang dimaksud, setelah berbicara dengan Sipir Angkringan, saya bertanya kepadanya, “Jika pendakian ini berlanjut, mau kemana Pak? Saya ingin terus sampai buletin juga sampai di Klaten. , ”jawab sang ayah, wah, udah lama ya tanjakan.




Setelah istirahat akhirnya saya memutuskan untuk pulang, karena selain terlalu malas untuk melanjutkan kursus dengan air minum yang sudah terkuras, tujuan saya hari ini sebenarnya hanya ingin berkendara saja, saya tidak berencana untuk menjelajah tempat yang biasa-biasa saja ini. . . jadi hari ini cukup. datang ke sini dulu, terutama saat ini biasanya hujan di Jogye, jadi sampai jumpa di petualangan berikutnya.



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Candi Gebang

inglés Mongkin Bagi Sebagian Orang Yang Baru Pertama Kali Berkunjung de Yogiacarta Jica Mendengar Kata Kandy Maka Young Terlinas de Bnak M...